Review Mobil Ford Fiesta 1.6 AT




Ford Fiesta 1.6 - Ford Fiesta 1.6 merupakan hatchback dari pabrikan Amerika, yaitu "Ford" yang sporty. Desain mobil ini cukup mencolok dan berbeda dari hatchback lain, terutama hatchback-hatchback Jepang. Desain sportynya beraroma eropa dan cocok untuk anak muda. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan fitur unik yang tidak ada di kompetitornya, yaitu voice command. Sayangnya fitur ini jarang digunakan oleh pengguna di Indonesia.

Eksterior Ford Fiesta 1.6
Ford Fiesta 1.6 mengusung desain yang sangat sporty. Nuansa "eropa" nya sangat kental. Mobil ini pernah menjadi Car of The Year di tahun 2010. Headlampnya sipitnya terlihat sporty dan serasi dengan bonetnya. Dilengkapi dengan sepasang foglamp di bagian bawah sebagai tambahan penerangan ketika hujan lebat atau cuaca berkabut.

Dari samping mobil ini terlihat ceper. Dengan menggunakan velg alloy 16 inchi dibalut dengan ban berukuran 195/50 R16 membuatnya tampak agresif. Spion yang dilengkapi dengan lampu sein dapat dilipat secara elektrik. Bagian belakangnya juga tidak kalah seru. Lekukan-lekukan yang atraktif membuat mobil ini pantas menyandang mobil paling sporty di kelasnya. Lekukannya tampak menarik dan tidak terlihat kaku, berbeda dengan para pesaingnya. Ditambah dengan spoiler yang berukuran cukup besar beserta high-mounted stoplamp sebagai tambahan tanda pengereman. Pada bagian bawah terdapat sensor parkir untuk mengetahui rintangan ketika mundur.

Spesifikasi Eksterior
Panjang: 3950 mm
Lebar: 1973 mm
Tinggi: 1489 mm
Wheelbase: 2489 mm
Front Tread: 1478 mm
Rear Tread: 1465 mm
Ground Clearance: 140 mm
Turning Radius: 4.9 meter
Curb Weight: 1153 kg
Velg: Alloy Wheel 16"
Ban: 195/50 R16

Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Ford Fiesta 1.6

Interior Ford Fiesta 1.6
Memasuki interior, nuansa eropa yang sporty juga masih terpancar dari dalam kabin. Begitu juga dengan kendali wiper dan sein. Berbeda dengan kebanyakan mobil jepang, tuas pengaturan sein berada di sebelah kiri dan tuas pengaturan wiper berada di sebelah kanan. Bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit menyusahkan. Head Unit sudah mengadopsi model 2-din yang bisa diatur melalu audio control switch di roda kemudi. Selain itu, pada roda kemudi juga terdapat tombol untuk mengaktifkan fitur voice command yang bisa unik dan tidak terdapat pada para rivalnya. 

Untuk akomodasi, tentunya kita tidak terlalu berharap banyak dari hatchback ini. Secara umum, kabinnya tergolong cukup. Ruang kaki dan ruang kepala untuk baris pertama masih tergolong lega. Posisi duduknya juga cukup ergonomis dan fleksibel dengan pengaturan jok yang tersedia. Namun, pada baris kedua, ruang kaki dan kepala terasa sempit, tapi masih layak untuk diisi dua orang dewasa berukuran normal. Bagasinya pun juga tidak bisa dibilang luas, mengingat mobil ini adalah sebuah hatchback dengan panjang sekitar 4 meter. Namun, terdapat laci penyimpanan unik yang berada di bawah kursi penumpang bagian depan.
Kelengkapan Fitur dan Keselamatan:
- EPS
- Tilt Steering
- 2-Din Head Unit with Bluetooth, Aux-in, USB, and MP3
- Voice Command
- Steering Wheel Audio Control Switch
- MID
- Retractable Electric Mirror
- Keyless Entry
- 12 Volt Power Outlet
- Rear Wiper
- Rear Spoiler
- High-Mounted Stoplamp
- Center Console Box
- Immobilizer
- Rear Parking Sensors
- Side Impact Beam
- Child Door Lock
- Dual Airbags
- Alarm System
- ABS
- EBD
- Brake Assist

Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Ford Fiesta 1.6

Performa Mesin dan Handling Ford Fiesta 1.6
Ford Fiesta 1.6 dibekali dengan mesin Duratec berkapasitas 1600 cc yang di dukung dengan teknologi Twin  Intelligent Variable Camshaft Timing (Ti-VCT) yaitu teknologi pengaturan buka tutup katup secara optimal sesuai dengan putaran mesin (mirip dengan VVT-i pada Toyota). Daya maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 120 PS pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi puncak sebesar 152 Nm pada putaran mesin 4050 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Mesin dengan daya yang tergolong besar ini mampu disalurkan dengan efektif oleh matic 6-speednya dengan konsumsi BBM yang tergolong irit. Satu liter BBM mampu melajukan kendaraan hingga 17 km untuk perjalanan luar kota.

Suspensi Ford Fiesta 1.6 terasa nyaman untuk ukuran hatchback. Suspensinya tergolong empuk. Meski begitu, kenyamanan yang diberikan tidak serta merta membuat handlingnya buruk. Mobil ini cukup stabil ketika dipacu di kecepatan tinggi. Handlingnya juga terasa bagus ketika bermanuver berkat ground clearance yang rendah. Ukurannya sebagai sebuah hatchback mendukung kelincahan dalam bermanuver di perkotaan.

Spesifikasi Mesin dan Suspensi
Engine: 1.6L Duratec Ti-VCT DOHC
Konfigurasi: 4 in-line cylinder, 16 valve
Tenaga Maks: 120 PS @6000 rpm
Torsi Maks: 152 Nm @4050 rpm
Konsumsi BBM: 9-12 km/l (dalkot) dan 12-17 km/l (lukot)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 42 liter
Steering: Rack & Pinion with EPS and Tilt Steering
Penggerak: Roda Depan (FWD)
Transmisi: 6-Speed A/T
Suspensi Depan: MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang: Twist Beam with Coil Spring
Rem Depan: Ventilated Disc
Rem Belakang: Solid Disc

Kelebihan dan Kekurangan Ford Fiesta 1.6
Kelebihan:
- Mesin bertenaga
- Transmisi responsif
- Konsumsi BBM tergolong irit
- Matic sudah 6 speed
- Suspensi nyaman
- Handling bagus
- Fitur keamanan lengkap
- Finishing baik
- Voice command
- Praktis dan lincah

Kekurangan:
- Kursi belakang sempit
- Tidak tersedia varian manual
- Transmisi yang responsif kurang nyaman pada kecepatan rendah
- Ground clearance rendah
- Resale value lemah
- Jaringan servis terbatas

Harga Ford Fiesta 1.6
Ford Fiesta 1.6 2010 Rp 90.000.000,-
Ford Fiesta 1.6 2011 Rp 100.000.000,-
Ford Fiesta 1.6 2012 Rp 110.000.000,-
Ford Fiesta 1.6 2013 Rp 120.000.000,-

Komentar