Review Mobil Chevrolet Aveo


Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan All New Chevrolet Aveo 1.4 T300





Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan All New Chevrolet Aveo 1.4 T300
All New Chevrolet Aveo - Chevrolet Aveo pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002 (T200). Mobil ini sebenarnya adalah Daewoo Lanos yang di rebrand dengan nama Chevrolet Aveo. Pada tahun 2012, diluncurkan versi terbarunya yaitu All New Chevrolet Aveo T300 dengan perombakan desain eksterior, tambahan fitur, serta peningkatan mesin. Di beberapa negara, mobil ini diperkenalkan dengan nama Chevrolet Sonic dengan mesin 1.8L N/A dan 1.4L Turbo. Sayangnya, di Indonesia hanya tersedia dalam varian 1.4L non-turbo.
Chevrolet aveo mengusung body hatchback sebagai kompetitor bagi Toyota Yaris, Toyota Ist, Honda JazzSuzuki Swift, Nissan March 1.5, Hyundai Grand i20, Hyundai Grand Avega, Mazda 2, KIA Rio, dan Ford Fiesta

Eksterior All New Chevrolet Aveo
All New Chevrolet Aveo mengusung desain yang sporty dan futuristik dalam sebuah hatchback yang mungil. Lekukan yang tajam pada bagian depan membuat mobil ini tampak sporty. Model headlampnya menggunakan dua buah projector dengan background hitam seperti ciri kas BMW, hanya saja dengan sudut yang tegas. Grillnya lebar dengan garis di bagian tengah grill dan terdapat embel Chevrolet ditengahnya. Sepasang foglamp juga tersedia di bagian bawah untuk menembus kabut maupun derasnya hujan.
Dari samping, mobil sepanjang 4 meter ini tak terlihat panjang. Ground clearancenya rendah, dengan velg 16 inchi dan dibalut ban berukuran 205/55 R16 untuk varian 1.4 LT A/T, sedangkan untuk varian lainnya, velg yang digunakan berukuran 15 inchi dengan ban 195/65 R15. Kaca samping juga menyempit keatas menunjukan kesan sportynya.
Beralih ke bagian belakang, desainnya terlihat unik, namun terlihat manis serta masih menunjukan kesan sporty dan modern. Klaster lampu belakang berbentuk bulat, bulatan besar di bagian atas, dan yang kecil di bagian bawah. Lampu bulat yang besar di bagian atas dibagi menjadi dua bagian yang masing-masing sebagai lampu rem dan lampu sein. Spoiler belakang berukuran kecil terlihat serasi dengan kaca belakangnya dan dibekali dengan high-mounted stoplamp.
Spesifikasi Eksterior
Panjang: 4039 mm
Lebar: 1735 mm
Tinggi: 1517 mm
Wheelbase: 2525 mm
Front Tread: 1509 mm
Rear Tread: 1509 mm
Ground Clearance: 130 mm
Radius Putar: 5.25 meter
Weight: 1280 kg
Velg: Alloy 16x6" (LT A/T), 15x6" (M/T)
Ban: 205/55 R16 (LT A/T), 195/65 R15 (M/T)

Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan All New Chevrolet Aveo 1.4 T300

Interior All New Chevrolet Aveo
Ketika memasuki kabin, kesan futuristik cukup terasa dengan dominasi warna hitam pada panel dasbor dan doortrim. Fitur yang disuguhkan tergolong standar, namun cukup lengkap untuk harganya yang relatif murah. Spion pelipat elektrik sudah tersedia di varian 1.4 LT A/T. Selain itu, keyless entry, immobilizer, dan kunci yang dapat dilipat juga turut dibekalkan pada mobil ini. SRS airbag sudah tersedia sebagai fitur keamanan, namun hanya terdapat di bagian pengemudi saja. Head unit sudah dilengkapi dengan monitor, namun belum tersedia audio control switch pada roda kemudi. AC-nya pun masih model knop putar dan belum digital. Uniknya, instrumen speedometer sudah manganut model digital dan analog, mirip dengan Chevrolet Spin. Tachometer ditunjukan dengan jarum analog, sedangkan penunjuk kecepatan, posisi gear, dan yang lainnya menggunakan indikator digital.
Untuk sebuah hatchback, keleluasaan kabin tergolong cukup. Ruang kepala dan ruang kaki pada baris pertama tidak dapat dibilang sempit, tidak juga luas, begitu juga pada baris kedua. Dengan ruang kabin yang standar mobil ini layak digunakan untuk sehari-hari di dalam perkotaan. Apalagi, suspensinya yang empuk membuat anda merasa nyaman di dalamnya meskipun terjebak di kemacetan. Ketika melalui jalanan rusak juga tidak terlalu terasa guncangannya.
Kelengkapan Fitur dan Keselamatan:
- Power Windows
- Central Lock
- Head Unit with Monitor
- Keyless Entry
- Foldable Smart Key
- Adjustable Steering Reach
- Retractable Electric Mirror
- Digital Speedometer Instrument with Analog Tachometer
- Auto Door Lock
- Projector Headlights
- 3 Point ELR Seatbelt with Load Limiter
- SRS Airbag (Driver only)
- ABS

Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan All New Chevrolet Aveo 1.4 T300

Performa Mesin dan Handling All New Chevrolet Aveo
All New Chevrolet Aveo mengalami peningkatan performa mesin dan efisiensi konsumsi BBM dari generasi sebelumnya. Mesin 1.4L DOHC nya mampu menelurkan tenaga maksimal sebesar 100 HP pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi puncak sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4000 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan dan GM triptonik 6-percepatan. Tenaga yang dihasilkan memang tidak menonjol, namun sudah jauh meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya mampu menghasilkan tenaga maksimal 83 HP. Begitu pula dengan konsumsi BBM nya kini jauh lebih efisien dari generasi pendahulunya yang terkenal boros untuk ukuran mesin 1.4L.
Dengan harga yang relatif murah, mobil ini terasa cukup nyaman untuk sebuah hatchback. Bantingannya terasa empuk dan nyaman. Ketika melewati jalanan rusak pun juga tidak terlalu terasa guncangannya. Meskipun nyaman, mobil ini juga tergolong stabil. Handlingnya cukup baik dalam bermanuver tanpa gejala bodyroll yang signifikan berkat ground clearance yang rendah. Namun beberapa pengguna berpendapat bahwa mobil ini memang lemah pada bagian kaki-kaki.
Kelebihan dan Kekurangan All New Chevrolet Aveo
Kelebihan:
- Lebih bertenaga dan irit dari generasi sebelumnya
- Suspensi nyaman
- Handling cukup baik dan stabil
- Lincah dalam bermanuver dan praktis
- Transmisi matic sudah triptonik dengan 6 percepatan
- Fitur lumayan dengan harga barunya yang relatif murah
- Desain futuristik
Kekurangan:
- Tenaga mesin biasa saja
- Kaki-kaki lemah
- Ground clearance rendah
- Sparepart dan perawatan mahal
- Banyak pemangkasan fitur pada varian LS, termasuk fitur keselamatan
- Resale value jatuh
Harga All New Chevrolet Aveo
All New Chevrolet Aveo 1.4 LS M/T Rp. 168.800.000,-
All New Chevrolet Aveo 1.4 LT M/T Rp. 178.800.000,-
All New Chevrolet Aveo 1.4 LT A/T Rp. 193.800.000,-
Produksi All New Chevrolet Aveo kini sudah discontinued. Hanya Chevrolet Spark yang masih diproduksi di segmen hatchback

Komentar