Perbandingan PS4 dan Xbox One




Playstation 4 dan XBOX ONE

Konsol game PlayStation 4 dan Xbox One menawarkan peningkatan yang signifikan – dan mematahkan kompatibilitas dengan – konsol generasi sebelumnya di keluarga masing-masing: PS3 dan Xbox 360, yang masing-masing terjual lebih dari 100 juta unit. Baik PS4 dan Xbox One menawarkan prosesor grafis yang disempurnakan, lebih banyak memori daripada sistem sebelumnya, pengendali yang didesain ulang, dan akses all-in-one ke “aplikasi” seperti Amazon Prime, Netflix, Hulu, dan NFL Network, antara lain.
Perbandingan kedua konsol terkemuka di pasar ini  menguji spesifikasi dan kinerja perangkat keras, harga, gameplay, dan aturan yang mengatur pembelian dan permainan game online.
Kedua konsol tersebut harganya sama; Konsol Xbox One seharga $ 399 atau Rp 5.392.086 tanpa Kinect dihargai untuk menyamai PS4. Saat Microsoft pertama kali merilis Xbox One, harganya $ 499 atau Rp 6.743.486 dan Kinect digabungkan, menawarkan kemampuan penginderaan kamera dan gerak.

Tabel Perbandingan

Tinjauan Luas

Dalam meluncurkan generasi berikutnya – generasi ke 8 – dalam sistem permainan video, Sony dan Microsoft memperkenalkan dua konsol berbeda yang akan menarik bagi pemain game dengan berbagai cara.

Kontroler PS4 baru

Salah satu perbedaan mencolok antara Xbox One dan PS4 adalah harganya. PS4 berharga $ 399 atau Rp 5,392,086 dan biaya Xbox One yang sebanding – dengan banyak fitur yang sama, termasuk penyimpanan 500 GB, memori 8 GB, perintah suara, prosesor AMD mutakhir, dan penyimpanan awan – sekarang harganya hanya $ 349 atau Rp 4,716,386. Versi 1 TB Xbox One berharga $ 399 atau Rp 5,392,086  dan Xbox One dengan kamera Kinect dan sensor gerak terintegrasi dengan harga $ 499 atau Rp 6,743,486. Memang, Xbox One menghabiskan biaya $ 90 atau 1,216,260 lebih untuk membangun dibandingkan dengan PS4, dan sebagian besar biaya tambahan itu karena sistem Kinect.
Kedua konsol terlihat serupa – masing-masing adalah kotak hitam sederhana dengan kemampuan berdiri vertikal atau horizontal.

Interface

Interface Xbox One tampak mirip dengan sistem operasi komputer Windows 8 yang lebih baru. Anda bisa menavigasi interface menggunakan perintah controller, Kinect, atau voice. Xbox One menawarkan “gertakan” aplikasi – itu berarti Anda dapat membuka jendela aplikasi Anda saat Anda bermain.
Sistem menu “dinamis” ada di PS4, memungkinkan Anda memilih permainan, melihat profil Anda, melihat aktivitas di media sosial, dan banyak lagi. Fitur utama baru pada PS4 adalah kemampuan untuk berbagi rekaman gameplay Anda secara online; Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dengan menekan tombol pada controller. Xbox One menawarkan layanan serupa, namun hanya untuk pelanggan Xbox Live gold.

Kompatibilitas dengan Pendahulunya

Salah satu perbedaan utama antara Xbox One dan konsol sebelumnya adalah tidak akan memungkinkan Anda untuk memainkan game Xbox 360 atau Xbox yang lebih tua secara langsung. Microsoft telah mengatakan bahwa mungkin untuk memasang Xbox 360 melalui Xbox One menggunakan kabel HDMI untuk memainkan game lawas.
Demikian pula, PS4 tidak akan menawarkan kompatibilitas ke pendahulunya, meskipun Sony mungkin menawarkan layanan emulasi berbasis cloud untuk game PS3 atau yang lebih tua.

Grafik

Review blogger dan hardware yang terkenal Anand Shimpi dari AnandTech mengatakan hal ini tentang kemampuan grafis PS4 vs Xbox One:
Sebenarnya, PlayStation 4 memiliki horsepower grafis yang lebih banyak dalam generasinya daripada Xbox One, tidak mungkin salah mengenai fakta itu. Kedua perusahaan tersebut memiliki lisensi arsitektur GPU (graphics processing unit) yang sama, namun chip Sony memiliki 1152 “core” dibandingkan dengan Microsoft 768. Microsoft menjalankan core-nya pada kecepatan yang sedikit lebih tinggi, namun matematika bekerja pada Sony yang memiliki sekitar puncak 40%. Keuntungan kinerja grafis potensial.

Game yang Digunakan

Microsoft menarik kritik atas kebijakan yang sekarang dicabut yang akan membatasi penjualan dan penggunaan kembali permainan bekas. Integral terhadap kebijakan lama itu, unit Xbox One mengharuskan pengguna untuk terhubung ke Internet setiap 24 jam untuk menyinkronkan game. Jika pengguna menolak melakukan hal ini, mereka tidak akan dapat menggunakan game yang tersimpan. Microsoft mencabut kebijakan tersebut pada bulan Juni 2013, sehingga menghilangkan persyaratan koneksi, di antaranya.
Sony tidak membatasi perdagangan game disk antara pengguna PS4. Tidak ada sistem yang memungkinkan sharing game digital.

Kontroler

Kontrol DualShock PS4 menampilkan tombol berbagi permainan DVR, touchpad yang dapat diklik, speaker mono dan headphone built-in, baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang, dan antarmuka kamera stereo yang merasakan lingkungan para pemain. Pengontrol menggunakan Bluetooth 2.1 untuk terhubung ke konsol.
Sementara controller Xbox One tampak mirip dengan pengendali Xbox yang lebih tua, Microsoft menggembar-gemborkan 40 upgrade. Microsoft menambahkan tombol “menu” dan “tampilan”. Pengguna bisa mengisi ulang controller menggunakan kabel USB.

Xbox Elite Wireless Controller

Pada bulan Juni 2015 Microsoft mengumumkan peluncuran Xbox Elite Wireless Controller mereka, dengan harga $ 149 atau Rp 2,016,119 dan dengan ketersediaan mulai bulan Oktober 2015. Kontroler baru tersebut menambahkan bagian-bagian yang mudah diganti yang memungkinkan para gamer mempersonalisasikannya agar sesuai dengan kebutuhan, preferensi dan gaya bermain mereka. Bagian baru mencakup 4 bantalan bumper (di bawah pegangan), kunci pemicu rambut untuk kontrol yang lebih tepat dan penembakan yang lebih cepat pada permainan FPS, dan bantalan rolling bertekstur untuk mengganti D-pad standar.

Removable and External Hard Drives

Hanya PS4 yang menawarkan removable hard drive, yang berarti pengguna bisa mengupgrade unit 500 GB pabrik jika perlu.
Xbox One juga menawarkan harddisk 500 GB, namun pengguna tidak bisa menggantinya. Xbox One menyertakan dua port USB yang ditujukan untuk menawarkan penyimpanan eksternal jika pemilik konsol menggunakan semua 500 GB. Ada juga versi 1TB Xbox One yang harganya $ 50 atau Rp 676,550 ekstra (total $ 399 atau Rp 5,398,869), yang merupakan pilihan yang lebih baik bagi para gamer yang menginginkan lebih banyak ruang penyimpanan.
Pada bulan Maret 2017, Sony mengumumkan pembaruan 4,50 “Sasuke” ke konsol PS4 dan PS4 Pro. Pembaruan ini memungkinkan pemilik headset PlayStation VR menonton film Blu-ray 3D dan juga mendukung hard drive eksternal hingga 8TB. Hard drive eksternal terhubung ke PS4 melalui USB dan Anda dapat menginstal game di hard drive eksternal, bukan hard drive built-in PS4. Xbox tidak mendukung hard drive eksternal.

Kamera

Tidak seperti Xbox One, Sony akan menjual motion-sensing PlayStation 4 Eye secara terpisah seharga $ 59.99 atau Rp 811,724.69. Kamera Kinect Microsoft disertakan dengan Xbox One. Kinect memungkinkan pengguna untuk mengendalikan sistem Xbox One menggunakan pemindaian biometrik. Kinect dapat mengenali pengguna yang berbeda berdasarkan suaranya.

Aplikasi

PS4 akan menawarkan akses gratis ke beberapa aplikasi, termasuk Amazon Prime, Netflix dan Hulu Plus. Langganan layanan ini tidak bebas dari sistem, hanya akses ke aplikasi. Pengguna Xbox One harus berlangganan langganan Xbox Live Gold untuk mengakses aplikasi tersebut, begitu pula Skype.

Kemampuan Bluetooth

Hanya PS4 yang akan menggunakan teknologi Bluetooth untuk menghubungkan periferal konsol. Selain pengendali, PlayStation Move, dan headset PS4, konsol bisa terhubung dengan keyboard dan mouse Bluetooth.

Layanan Berlangganan

Baik PS4 dan Xbox One akan mengharuskan langganan ke layanan masing-masing untuk bermain game secara online. Ini adalah yang pertama untuk gamer PlayStation, karena keanggotaan PlayStation Plus gratis dengan versi konsol sebelumnya. Langganan PS + akan menarifkan gamer $ 5 atau Rp 67,655 per bulan.
Demikian pula, Xbox One memerlukan keanggotaan Xbox Live Gold seharga $ 60 atau Rp 811,860 per tahun untuk mengakses banyak fitur konsol, termasuk permainan game online, demo permainan gratis dan preview, dan obrolan tatap muka menggunakan Kinect. Berlangganan layanan Xbox Live Gold sering tersedia dengan harga diskon di Amazon.com.
Xbox Live Gold
Sebelum Juni 2014, Microsoft mewajibkan berlangganan Xbox Live Gold untuk menggunakan aplikasi seperti Netflix dan Hulu. Microsoft telah membuka platform Xbox One sehingga semua pemilik dapat menggunakan aplikasi streaming ini, serta layanan online lainnya seperti OneDrive, Skype tanpa memerlukan langganan.
Pelanggan Xbox Live Gold sekarang mendapatkan keuntungan dari Game dengan Gold dan Deals dengan program Gold, yang menawarkan permainan dan diskon gratis untuk game dan konten di Xbox Store. Biaya keanggotaan sekitar $ 60 atau Rp 811,860 per tahun.
Fitur dari langganan Xbox Live Gold, termasuk perbandingan Xbox One dan Xbox 360.

Masalah keamanan

Pada bulan Desember 2014, sebuah kelompok hacker yang menamakan dirinya Lizard Squad menjatuhkan Xbox Live dan PlayStation Network melalui serangan DDoS. Sementara Microsoft mampu menghadirkan Xbox Live back up dengan relatif cepat, Sony mengambil lebih banyak waktu sebelum bisa mendapatkan PlayStation Network kembali ke operasi normal. Rekaman keamanan Sony telah dipicu beberapa insiden hacking dimana mereka telah menjadi korbannya.

Game Eksklusif

Menulis untuk Forbes, Paul Tassi mengatakan bahwa selisih eksklusif antara PS4 dan Xbox One telah melebar:
Sony telah menumbuhkan taman game wajib dimainkan di PS4, sementara Anda hanya bisa mengatakan hal yang sama untuk beberapa judul di Xbox One, dan bahkan dalam kasus ini, ini membantu menjadi penggemar berat seri X pertama-tama. … dinamika kekuatan telah bergeser, dan Microsoft merasa tersesat, seperti mereka menempel pada rangkaian lama yang telah lama berhenti banyak berkembang atau berinovasi, dan mereka gagal menanam benih untuk masa depan. Sony tidak sempurna dan memiliki kesalahan sendiri (* batuk * Ordo), tapi berusaha sebisa mungkin, saya hanya tidak berpikir perpanjangan eksklusif kedua sistem bahkan sebanding pada saat ini. . Sony akan keluar berkali-kali, dan saat kami mempersiapkan diri untuk memiliki The Last of Us 2 sejajar untuk melawan Decay 2 dan God of War 4 melawan Crackdown 3, dan seterusnya, saya hanya tidak berpikir itu akan berubah.
Ada banyak permainan populer yang tersedia di kedua sistem, termasuk Call of Duty: Ghosts, Madden 25, NBA Live, Metal Gear Solid V: Dataran Phantom, dan Assassin’s Creed IV: Flag Black.
Tapi setiap konsol juga memiliki game eksklusif yang hanya tersedia di konsol itu.
Game tersedia di PS 4
Game eksklusif PS4 termasuk Horizon Zero Dawn, Until Dawn, Uncharted 4, Bloodborne, The Last Guardian, Nioh, The Last of Us 2 dan God of War 4. Game eksklusif PS4 yang lama yang diumumkan pada saat peluncurannya adalah Dark Sorcerer, Deep Down, Drive Club , Killzone Shadow Fall, Infamous Second Son, Knack, Secret Ponchos, Order 1866, PlayRoom, RIME, Shadow of the Beast, dan Everybody’s Gone to the Rapture.
Game tersedia di Xbox One
Game eksklusif Xbox One termasuk Halo, Gears of War, ReCore, Forza, Sunset Overdrive, Dead Rising, dan State of Decay. Game eksklusif yang lebih lama untuk platform Xbox adalah game seperti Titanfall, Below, Crimson Dragon, D4, Dead Rising 3, Forza 5, Killer Instinct, Golf Powerstar, Quantum Break, dan Ryse: Son of Rome. Microsoft membawa tapi kemudian membatalkan game eksklusif seperti Phantom Dust, Scalebound dan Fable Legends.

Berita Terbaru

Penerimaan
Masalah Awal dengan PS4
Rating untuk PS4 di Amazon.com pada 17 November 2013, beberapa hari setelah rilis
Pada pertengahan November 2013 ketika unit PS4 pertama mulai dikirimkan, banyak pelanggan melaporkan bahwa unit yang mereka terima mati pada saat kedatangan.
Terlepas dari masalah ini, Sony melaporkan penjualan konsol yang kuat. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka menjual 1 juta unit pada hari pertama dan berharap bisa menjual 5 juta konsol PS4 dalam 5 bulan pertama peluncurannya.
Masalah Awal dengan Xbox One
Xbox One juga menghadapi beberapa masalah saat diluncurkan pertama kali, dengan beberapa pelanggan mengeluhkan drive disk yang bising atau tidak fungsional.
Angka penjualan Xbox One vs PS4
Pada bulan Maret 2016, perusahaan game EA memperkirakan bahwa Xbox One dan PS4 telah menjual 60 juta unit gabungan di seluruh dunia. Mengingat bahwa Sony telah melaporkan 36 juta unit beberapa bulan sebelumnya, diperkirakan bahwa ada sedikit lebih dari 20 juta unit Xbox One yang telah dikirim pada Maret 2016.
Pada Januari 2016, penjualan PlayStation 4 telah mencapai 35,9 juta unit di seluruh dunia, dengan 5,7 juta unit terjual pada musim liburan Desember 2015.
Pada akhir November 2015, Wall Street Journal melaporkan bahwa Sony telah menjual lebih dari 30 juta unit PS4, menjadikannya produk PlayStation terlaris dalam sejarah, mengingat dua tahun pertama sejak diluncurkan. Berita WSJ juga melaporkan pendapat analis bahwa PS4 “berlari jauh di depan Xbox One” [dalam hal angka penjualan].
Pada tanggal 1 Maret 2015, Sony telah menjual 20,2 juta unit PS4. Angka penjualan resmi terbaru yang tersedia untuk Xbox One diumumkan pada bulan November 2014, saat Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah menjual hampir 10 juta unit. Musim belanja liburan sangat kuat untuk Microsoft sehingga jumlah saat ini tentu jauh lebih tinggi; Namun, Xbox masih mengikuti PS4 dalam penjualan di seluruh dunia.
Sony PS4 mengalahkan penjualan Xbox One di AS dalam setiap bulan dari Januari sampai Juni 2014. Pada bulan Juni, Microsoft mengumumkan versi $ 399 atau Rp 5,392,086 dari Xbox One tanpa Kinect dan mengatakan bahwa langkah tersebut menghasilkan penjualan bulanan dua kali lipat namun tidak merilis angka spesifik tertentu.
Pada tanggal 17 April 2014, Microsoft telah menjual lebih dari 5 juta konsol Xbox One di seluruh dunia dan Sony telah melaporkan penjualan lebih dari 7 juta unit PS4 secara global.
Harga PS4 yang lebih rendah membantu penjualan dan konsol Sony mengalahkan Microsoft Xbox One dalam beberapa bulan pertama peluncurannya. Pada Januari 2014, PS4 mengalahkan Xbox One dua lawan satu di Amerika Serikat.
Namun pada bulan Februari 2014, mungkin didukung oleh rilis Titan yang akan datang pada bulan Maret, kesenjangan tersebut menyempit secara signifikan. Penjualan untuk PlayStation 4 masih lebih tinggi dari Xbox tapi marginnya jauh lebih kecil. Teori lain untuk lonjakan penjualan Xbox One pada bulan Februari 2014 adalah Sony tidak dapat memproduksi cukup konsol untuk memastikan bahwa pasokan memenuhi permintaan:
Sony masih jauh di depan Microsoft dalam penjualan global. Perusahaan telah mengatakan bahwa mereka menjual lebih dari 6 juta PlayStation 4 di seluruh dunia pada 2 Maret [2014]. Microsoft mengirimkan 3,9 juta Xbox Ones sampai akhir 2013, terakhir kali merilis angka penjualan seperti itu.
Pada tanggal 21 Maret 2014, Best Buy dan Walmart memulai promosi yang menawarkan combo Xbox One dan Titanfall seharga $ 450 atau Rp 6,081,300  , yang merupakan diskon $ 50 atau Rp 676,550 pada harga gabungan.

Komentar